» Dokter Anak
Muntah Setiap Kali Minum ASI
Senin, 16 April 2012


Anak saya Sabrina (4 bulan) miliki berat badan 6,8 kg. Ia mempunyai kebiasaan muntah sesaat setelah minum ASI. Apakah penyebab dan dampaknya?

Dewi Irawaty -  Kuningan, Jawa Barat

 

Ibu Dewi yang baik, tak ada yang salah dengan ASI Ibu. Bahkan terbukti sangat baik buat si kecil dengan melihat berat badannya yang optimal. Itu artinya zat gizi yang terkandung di dalam ASI sangat memenuhi kebutuhan keseharian dan tumbuh kembangnya. Masalah muntah atau gumoh setelah menyusui biasanya masih dalam batas kondisi normal, terlebih bila pertambahan berat badannya baik/optimal. Biasanya keluhan tersebut akan makin berkurang dan menghilang setelah usia 6 bulan, saat sistem katup yang berada diantara kerongkongan dan lambung makin berfungsi dengan baik.

Siasat yang perlu dilakukan adalah dengan memberinya waktu “istirahat” sebentar di tengah-tengah ia menyusu dan menyendawakannya. Setelah itu, ia dapat kembali meneruskan menyusu. Hindari mobilisasi/aktivitas yang berlebihan segera setelah menyusui, agar tidak merangsang refleks muntahnya. Yang penting adalah Ibu tetap memberikan ASI kepadanya secara eksklusif sampai usia 6 bulan dan memberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI) untuk mencapai tumbuh kembang yang baik.

Share |
blog comments powered by Disqus