24 Jam Kegiatan Si Prasekolah

Bila pilihannya si prasekolah tak bersekolah, orangtua harus tetap menstimulasinya baik secara fisik, sosial, dan emosi demi kesiapan si anak kelak saat masuk SD. Dalam kesehariannya, ia perlu mempunyai jadwal. Waktu dan susunan jadwal kegiatan ini harus disesuaikan dengan kondisi anak dan lingkungan sekitar. Pilihan kegiatan pun harus membuat anak senang dan nyaman. Berikut contoh jadwal yang bisa diupayakan di rumah:

Pukul 06.00-08.00 : Bangun pagi, bermain, sarapan dan mandi

Bangun pagi baik untuk kesehatan dan juga sebagai persiapan penting saat anak hendak bersekolah di sekolah formal nantinya. Bagi yang beragama Islam anak usia 5 tahun sudah dapat mulai dibiasakan untuk salat Subuh. Paling tidak anak harus sudah bangun pagi jam 05.00.

Pukul 08.00-10.00: Bermain dengan tema tertentu

Selesai mandi, ajak anak bermain dengan tema tertentu.  Misalnya, lempar tangkap bola. Sebaiknya kegiatan pagi hari dilakukan di luar ruangan atau di luar kamar.

Pukul 10.00-10.30 : Makan kudapan/buah

Setelah berkegiatan, anak tentu merasa lapar, ajak anak untuk istirahat di meja makan dan menikmati kudapan ringan, seperti biskuit atau buah-buahan.

Pukul 10.30-12.00: Aktivitas pilihan anak

Menjelang makan siang, ajak beraktivitas yang membangkitkan semangat kembali. Dorong anak untuk memilih aktivitas yang dilakukannya. Sediakan fasilitas bermain seperti pin bowling dan bolanya, main masak-masakan, main rumah-rumahan, boneka, dan sebagainya.

Pukul 12.00-13.00: Makan siang

Ajak anak makan siang bersama di meja makan. Sebaiknya anak usia 4 tahun sudah dibiasakan makan sendiri.

Pukul 13.00-15.00: Istirahat dan tidur siang

Setelah makan siang, sambil menunggu rasa kantuknya datang, bacakan cerita pada anak. Boleh juga sesekali anak diputarkan satu film kartun kesukaannya. Bagi yang beragama Islam anak dapat dibiasakan untuk mulai ikut shalat.

Pukul 15.00-17.00: Kudapan sore, Main dan Mandi

Bangun tidur anak masih belum terbangun semangat untuk beraktivitas. Ajak anak menikmati kudapan sore seperti kue-kue atau sekedar minum susu kesukaannya. Setelah itu ajak anak beraktivitas sebentar. Sebelum pukul 17.00 usahakan anak sudah mandi sore.

Pukul 17.00-19.00: Aktivitas sore hari

Waktu ini bisa diisi dengan kegiatan yang lebih serius namun masih seru bersama ayah dan ibu yang sudah pulang dari kantor. Misalnya, mengajaknya menggambar, mewarnai bentuk, atau sekedar bermain tebak-tebakan tentang pengetahuan dunia dan alamnya, seperti main cerdas cermat tentang suara-suara binatang, dan lainnya.

Pukul 19.00-21.00: Makan malam dan Tidur

Setelah bermain dengan  ayah dan ibu, ajak anak untuk makan malam bersama. Suasana makan dapat diselingi dengan cerita seru anak di rumah atau cerita seru kegiatan ayah/ibu di kantor, hal ini untuk membiasakan pola komunikasi yang terbuka di keluarga. Menjelang tidur, ajak anak untuk membersihkan tangan dan kaki, menggosok giginya.

 

Share |
blog comments powered by Disqus