Tidur Seranjang Dengan Bayi

Kelekatan terbentuk bila didukung kontak fisik serta emosi Mama dan bayi di awal kehidupan bayi. Dimulai sesaat setelah lahir melalui Inisiasi Menyusu Dini (IMD). IMD adalah proses dimana bayi menyusu segera setelah dilahirkan, setidaknya pada 30 menit-1 jam pertama setelah lahir. Bayi tidak dibantu disusui ke payudara Mama, tapi ia akan mencari sendiri puting susu Mama sampai ia mengisap ASI. Bagaimana proses IMD bagi yang melahirkan normal? Bagaimana pula dengan IMD bagi yang melahirkan sesar? Langkah selanjutnya untuk membangun kelekatan adalah rawat gabung (rooming in) dan satu ranjang (bedding in). Yuk, simak ulasan lengkapnya. Karena momen penting ini terjadi di awal kehidupan bayi, sungguh sayang kalau sampai terlewatkan.

Mencukur sendiri rambut bayi? Duh, enggak ngeri ya? Jangan khawatir, asal dipersiapkan dengan benar dan dilakukan hati-hati, acara potong rambut jadi mengasyikkan, kulit kepala bersih dan sehat, si kecil pun nyaman. Berikut beberapa tip yang bisa dilakukan; posisi bayi harus tepat; basahi rambut bayi; gunakan alat cukur khusus untuk anak/bayi.

Si kecil sering saltum alias salah kostum? Bukan berarti selera fesyennya buruk kok! Ia hanya sedang belajar memilih. Kemampuan anak memilih busana sesuai sikon memerlukan pengamatan yang baik, daya ingat, kemampuan berpikir untuk melakukan klasifikasi dan sebagainya. Apa yang bisa dilakukan orangtua untuk membantunya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di Tabloid nakita edisi 728, edar 11-17 Maret 2013.

Share |
blog comments powered by Disqus